.quickedit{ display:none; }
Assalamulaikum.wr.wb Selamat datang di blog resmi Majelis Ta'lim Remaja Cinta Sholawat yang di Pimp. As-sayyid Abdul Qodir Bin Al-Imam Al-Hafidz Al-Musnid Al-Qutub Prof DR. Abdullah Bin Abdul Qodir Bin Ahmad Bil Faqih Al-Alawy Ra

2009/11/01

Kontroversi Sholawat Nariyah - Sudut Pandangku

Sholawat/Penghormatan atas kebesaran Sang Juru Selamat, Pemimpin Umat di hari kiamat, Nur yang terang berderang dialah Rasulullah, Nabiyullah, Habibullah, Waliyullah Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wassalam adalah suatu perintah yang tinggi, bagaimana tidak?

Bila kita hendak berfikir sejenak, merenung dan menundukkan Ego kita, Kita akan sepakat bahwa Tidak Ada Perintah di Sisi Allah yang Allah pun melaksankannya kecuali Sholawat kepada Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam. Tak perlu diragukan memang perintah Sholawat kepada Nabi Akhir Zaman ini memang special dan luar biasa.

Allah memerintahkan kita untuk Sholat, Apakah Allah Sholat?

Allah memerintahkan kita untuk Puasa, Apakah Allah juga Puasa?

Allah memerintahkan kita untuk Zakat, Apakah Allah kemudian mengeluarkan Zakat?

Allah memerintahkan kita untuk berjihad dengan ilmu, harta, dan raga Apakah Allah ikut berjihad?

Namun dibalik kebesaran Sholawat, tak membuat hilangnya perselisihan dikalangan Ummat yang tak jarang menjurus kepada perpecahan.

Salah satu yang Kontroversial dan hingga kini banyak dikaji dan diamalkan adalah Sholawat Nariyah yang kalo saya tidak salah, translate bahasa dari Sholawat tersebut adalah demikian :

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih. Dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Perhatikan Kalimat/Frasa yang ditebal miringkan!

Itulah asal mula perselisihan dari Sholawat Nariyah ini. Banyak yang menganggap bahwa kalimat tersebut adalah Syirikh karena terkesan meNuhankn Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam. Lalu bagaimana sebenarnya fenomena ini?

Rasulullah dan Asal Penciptaan

Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, dalam kitab Maulid-nya, Simthud Durar, menuliskan perihal nur Muhammad, “Telah sampai kepada kami dalam hadits-hadits yang termasyhur bahwa sesuatu yang awal mula diciptakan Allah SWT adalah cahaya yang tersimpan dalam pribadi agung (Muhammad SAW) ini. Maka cahaya manusia inilah makhluk pertama yang muncul dalam penciptaann-Nya. Darinya berasal seluruh wujud alam ini yang baru datang ataupun yang sebelumnya.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Abdurrazaq dengan sanadnya yang bersambung sampai kepada sahabat Jabir bin Abdullah Al-Anshari, ia pernah bertanya, “Demi ayah dan ibuku, ya Rasulullah, beritahukanlah kepadaku tentang sesuatu yang diciptakan Allah sebelum makhluk lainnya”.

Rasulullah menjawab, “Wahai Jabir, sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan cahaya nabimu (Rasulullah) dari cahaya-Nya sebelum menciptakan yang lain“.Dan telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwasanya Nabi Muhammad SAW telah bersabda: “Aku adalah yang pertama di antara para nabi dalam penciptaan, tapi yang terakhir dalam kerasulan“.

Sumber : Majalah Al-Kisah

Sudut Pandang :

- Sebagai makhluk yang pertama dalam penciptaan, Rasulullah mempunyai keberkahan, sebagaimana ketika Madina dilanda kekeringan kemudian atas Usul dan Ijin dari Aisyah R.A kemudian penutup (atap) maqom Rasulullah dibuka agar langit dapat melihat maqom Rasulullah dan hujanpun turun. Lalu apakah ini bukan “dengan sebab beliau” ? Silahkan Anda simpulkan sendiri!

- Rasulullah mempunyai Kunci Syafaat yang merupakan keberkahan beliau dan kita pun bersholawat beliau mengharapkan keberkahan tersebut, Lalu apakah berSholawat itu Syirikh? Silahkan Anda simpulkan sendiri!

- Pada jaman Sahabat, setiap tetesan air dan keringat yang mengucur dari tubuh beliau Sholallahu ‘Alaihi Wassalam potongan rambut dan jenggot tak pernah disia-siakan oleh Para Sahabat, lalu apakah mereka mengKhultuskan Rasulullah dan Kemudian Syirikh? Silahkan Anda simpulkan sendiri!

Semoga bermanfaat! Afwan dan Mohon Koreksinya!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

shalawat itu kan memang perintah dari Allah swt yang tertera dalam alquran, ada banyak shalawat seperti alfatih yang konon senilai dengan 600 ribu shalawat biasa... memang masing-masing memiliki keistimewaan... toh pada salawat ada permintaan kepada allah...

Related Posts by Categories



Anonim mengatakan...

Ada yg menulis dalam blog:

http://yusuf-istiqomah.blogspot.com/2010/01/bolehkan-mengamalkan-sholawat-nariyah.html

Jadi bingung mana yang baik dan benar

Related Posts by Categories



Anonim mengatakan...

assalamu 'alaikum
kalo menrut saya sebagai orang awam
itu bukan menuhankan...tp dengan bacaan tersebut Rasulullah
memberi syafaat kepada yg membaca
sesuai dg janji beliau akan memberikan 10x lipat

maaf bila salah
wassalam..

Related Posts by Categories



:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o :a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Berita lain

 

Jama'ah RCS

Pendiri : As-Sayyid Abu Abdillah Bilfaqih

-Habib Ali Bin Agil
-Abdul Basyit
-Ibnul Mubarok
-Zamenk
-Chairulah
-Muhammad Zacky
-Ghodel
-Ivan.Barker
-Joko
-Abdul Syakur
-Hasan
-Soccer
-Luthfi
-Hasan RW
-Deny Alfian
-Bulloh
-Aab
-Ganda
-Enunk

O.G El-Kisa Group Menerima Panggilan Pentas Seperti Acara Resepsi Perkawinan,Sunatan.dll Hubungin Contact Di bawah Ini

Contact Person

Info Panggilan Pentas :

Jabotabek : 0818 0202 4536

Bandung : 0817 200 355

Jawa Timur : 081 8080 27 856

Contact Person (Sayyid Abu Abdillah BLF : 0818 818 215)

make a gif
Tersedia ukuran M,L,XL Untuk info pembelian Hub : Abdul Basyit 081808227010 02196304911 Tersedia ukuran M,L,XL Untuk info pembelian Hub : Abdul Basyit 081808227010 02196304911 Tersedia ukuran M,L,XL Untuk info pembelian Hub : Abdul Basyit 081808227010 02196304911

El-Kisa Group

El-Kisa Group
As-Sayyid Abu Abdillah
O.G El-Kisa Group Menerima Panggilan Pentas Seperti Acara Resepsi Perkawinan,Sunatan.dll Hubungin Contact Person Info Panggilan Pentas : Jabotabek : 0818 0202 4536 Bandung : 0817 200 355 Jawa Timur : 081 8080 27 856 Contact Person (Sayyid Abu Abdillah BLF : 0818 818 215)

Majelis Remaja Cinta Sholawat Copyright © 2009 Template is Designed by Chairulbreaks