.quickedit{ display:none; }
Assalamulaikum.wr.wb Selamat datang di blog resmi Majelis Ta'lim Remaja Cinta Sholawat yang di Pimp. As-sayyid Abdul Qodir Bin Al-Imam Al-Hafidz Al-Musnid Al-Qutub Prof DR. Abdullah Bin Abdul Qodir Bin Ahmad Bil Faqih Al-Alawy Ra

2009/08/13

Pengertian ahlus sunnah wal jamaah.

Secara Bahasa :

Kata As Sunnah yang mempunyai bentuk jamak / plural, sunnah secara bahasa berarti sejarah ( perjalanan hidup ) dan ( metode ) yang di tempuh.

Ibnu Mandhur berkata," Sunnah makna awalnya adalah thariq yaitu jalan yang di tempuh oleh para pendahulu yang akhirnya di tempuh oleh orang lain sesudahnya."

Pengarang Kamus Mukhtarush shihah berkata," As Sunnah secara bahasa berarti sejarah dan jalan yang di tempuh baik itu jalan yang terpuji maupun yang tercela."

Ath Tanawy dalam Kasyfu Isthilahat wal Funun berkata," As Sunnah secara bahasa adalah jalan, baik jalan itu terpuji (baik ) maupun buruk." ( Dirasat fi al Hadits an Nabawy wa Tarikhu Tadwinihi,1/1 )

Ibnu Faris berkata dalam Mu�jam Maqayisi Lughah," Sunnah artinya perjalanan hidup. Sunnah Rasulullah artinya perjalanan hidup beliau. Sunnah juga berarti jalan / metode baik terpuji maupun tercela. Kata ini diambil dari kata sunnah yang bermakna jalan seperti di sebutkan dalam hadits :

" Barang siapa mengawali jalan yang baik maka baginya pahalanya dan pahala orang yang mengikutinya tanpa berkurang sedikitpun pahala mereka. Barangsiapa mengawali jalan yang buruk dalam islam maka baginya dosanya dan dosa orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikitpun dosa mereka." ( Muslim no: 1017, 6800,6801 ).

Ibnu Atsir dalam Nihaya 2/223 berkata," Dalam hadist berulang kali di sebutkan kata As Sunnah dan pecahan katanya. Asal maknanya adalah sejarah hidup dan jalan yang ditempuh." Makna ini juga di sebut dalam hadits:

" Kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehast, sampai kalau mereka masuk ke lubang biawak pun kalian akan ikut." Para sahabat bertanya," Apakah mereka orang Yahudi dan Nashrani wahai Rasulullah ? " Beliau menjawab," Siapa lagi kalau bukan mereka." ( Bukhori 3456, Fathul Bari VI/495, Muslim 2669/6781 ).

Begitu juga bila di katakan," Sholat witir itu sunnah maka maknanya adalah jalan / hal yang di perintahkan dan di laksanakan para sahabat dan Rasulullah." ( Mauqifu Ibni Taimiyah Minal Asya’irah,1/23 )

Dalam penggunaannya, apabila di sebut kata sunnah maka maknanya adalah jalan kebaikan saja. " Ia Ahlus Sunnah", maka maknanya : ia adalah orang yang menempuh jalan yang lurus dan terpuji.

Secara syar'i :

Makna Sunnah berbeda-beda tergantung dari disiplin ilmu apa kita memandangnya. Berikut ini beberapa devinisi Sunnah menurut masing-masing disiplin ilmu : ( Lihat : As-Sunnah Qablat Tadwin,18-20, Dirasat fil Hadits an Nabawy wa Tarikhu Tadwinihi : 1/1, Mauqifu Ibni Taimiyah Minal Asya’irah : 1/24-26, Majmu Fatawa : IV/155, Minhajus Sunnah : 2/163 )


1. Ulama Hadits : Ibnu Taimiyah mendevinisikan sebagai apa yang datang dari Rasulullah baik perkataan, perbuatan, takrir,/ penetapan / pendiaman maupun apa yang ingin beliau kerjakan. Ulama Hadits lain mendevinisikansebagai apa yang diterima dari Nabi baik perkataan, perbuatan, takrir, maupun sifat beliau, baik sifat fisik maupun akhlak atau dengan kata lain perjalanan hidup beliau baik sebelum menjadi N abi maupun sesudah menjadi Nabi. Dengan artian ini, As Sunnah menjadi sinonim kata hadits, sumber hukum kedua dalam Islam.

2. Ulama Ushul Fiqih : Setiap yang datang dari Nabi ( perintah ) baik perkataan, perbuatan, maupun takrir beliau selama bukan Al Qur’an dan bisa menjadi dalil bagi sebuah hukum syar’i.

3. Ulama Fiqih : Sesuatu yang jelas/tegas dari Nabi namun tidak berhukum wajib. Sunnah dalam artian ini sinonim bagi kata mandub, mustahab. Dengan istilah Ulama Fiqih lai, Sunnah adalah sesuatu yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan bila ditinggalkan tidak berdosa.

4. Kata Sunnah juga dipakai untuk sesuatu yang berdasar pada dalil syar’i, baik dari dalil Al Qur’an, hadits Nabi maupun ijtihat sahabat. Ijtihat sahabat termasuk Sunnah berdasarkan hadits Nabi," Ikutilah sunnahku dan sunnah para khalifah yang mendapat petunjuk sesudahku." Diantara sunnah sahabat adalah mengumpulkan Al Qur’an yang berserakan ke dalam satu mushaf serta memerangi orang-orang yang menolak membayar zakat dan orang-orang murtad. Sahabat Ali berkata : " Nabi menjilid ( mencambuk ) orang yang manuk 40 kali demikian pula Abu Bakar. Umar menjilid orang yang minum minuman keras sebanyak 80 kali. baik yang 40 maupun 80 kali itu sama-sama termasuk sunnah." ( Muslimno.1707,Ahmad 1/82 ).

5. Kata Sunnah juga sering di pakai untuk anonim dari kata bid’ah. Suatu amalan di sebut Sunnah bila ia sesuai dengan tuntunan wahyu/Rasulullah. Contohnya : Kita katakan dzikir secara berjamaah dengan suara keras sesudah sholat berjamaah itu bid’ah ( karena tidak di contohkan oleh Nabi ).Kata sunnah jugasering dipakai untuk anonim dari kata Rafidzah/Syi’ah. Bila disebut kata Ahlus Sunnah / Sunni misalnya : maka maknanya lawan dari kata Syi’i/Rafidzi. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam ( Minhajus Sunnah 2/163 ) berkata," Lafal Ahlus Sunnah kadang dipakai bagi setiap orang yang mengakui kekhilafahan tiga khalifah ( Abu Bakar, Umar, dan Utsman ). Dengan demikian semua kelompok termasuk didalamnya kecuali Rafidzah." Artian ini merupakan makna luas dari lafal Ahlus Sunnah bila di sebutkan secara bebas tanpa ada pembatas/qarinah.

6. Pembahasan kita kali ini adalah bidang aqidah karena itu definisi yang akan kita pakai juga definisi Sunnah menurut para ulama Aqidah. Ibnu Rajab dalam Kasyfu Kurbah menerangkan bahwa Sunnah adalah jalan yang di tempuholeh Rasulullah dan para sahabat beliau. Jalan mereka selamat dari syahwat dan syubhat ( keraguan ). Karena Imam Sufiyan Ats Tsauri berkata : " Berwasiatlah kepada Ahlus Sunnah dengan kebaikan karena mereka itu orang-orang yang asing ( sangat sedikit )."

7. Imam Fudhail bin Iyadh juga mengatakan," Ahlus Sunnah adalah orang yang mengetahui bahwa segala yang masuk keperutnya hanya yang halal saja." Sebab menjaga agar makanan yang dikonsumsi hanyalah makanan yang hala, merupakan salah satu sifat dan jalan yang selalu dijaga oleh Rasulullah dan para sahabat. Dalam perkembangannya, istilah sunnah dipakai untuk aqidah yang benar dan bersih dari segala syubhat, seperti masalah asma wa shifat, masalah taqdir, masalah keutamaan sahabat, dan lain-lain. Untuk menerangkan aqidah yang benar ini para ulama mengarang buku-buku yang mereka namakan buku As Sunnah,seperti karangan Imam Ahmad dan Al Khalal. Sunnah yang sempurna adala jalan yang bebas dari segala shubhat dan syahwat.

Secara ringkas bisa dikatakan bahwa bahwa Sunnah adalah petunjuk yang Rasulullah dan para sahabat berada di atasnya baik berupa i’tiqad, ilmu, perkataan, maupun perbuatan. Itulah sunnah yang wajib diikuti, pengikutnya terpuji dan orang yang menyelisihinya tercela. ( As Sunnah wa Makanatuha fit Tasyri’il Islamy hal 59 )

Dr. Al Buraikan menerangkan dengan baik sekali pengertian Sunnah ini dengan perkataan beliau, " Makna Sunnah berarti mengikuti aqidah shahihah yang tsabitah (berdasar ) Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah. " Beliau juga mengatakan, " Sunnah merupakan ungkapan untuk sikap ittiba ( mengikuti ) manhaj Al Kitab dan As-Sunnah An Nabawiyah dalam persoalan ushul ( aqidah ) dan furu (sunnah ). " ( Al Madkhallidirasatil aqidah Al Islamiyah,hal 12 )

Berdasarkan penjelasan singkat di atas bisa kita pahami bahwa Ahlus Sunnah adalah orang yang mengikuti Sunnah dan berpegang teguh dengannya, yaitu para sahabat dan setiap muslim yang mengikuti jalan mereka sampai hari kiamat.

Ibnu Hazm berkata," Ahlus Sunnah adalah pengikut kebenaran. Selain mereka adalah Ahlul Bid’ah. Ahlus Sunnah adalah para sahabat dan orang-orang yang mengikuti jalan meeka dari kalangan tabi’in, lalu para Ulama Hadits, lalu para Ulama Fikih dari satu generasi ke generasi selanjutnya sampai hari ini dan juga masyarakat secara umum yang mengikuti mereka baik di belahan bumi barat maupun timur."

Dari sini jelas bahwa Ahlus Sunnah adalah setiap muslim yang mengikuti jejak para sahabat. Ahlus Sunnah bukan monopoli golongan tertentu. Tidak benar bila sebagian kelompok umat islam menganggap dirinya sebagai satu-satunya Ahlus Sunnah sedangkan kelompok lainnya bukan Ahlus Sunnah. Ahlus Sunnah juga bukan sekedar nama, namun lebih dari itu, ia merupakan manhaj, jalan hidup para sahabat. janganlah kita terjebak dalam pengakuan / dakwaan, karena ukurannya bukan nama, namun sesuai atau tidaknya jalan hidupnya dengan petunjuk Rasulullah da para sahabat.

1 komentar:

mustofa on 13 Agustus 2009 pukul 20.26 mengatakan...

terimah kasih. . .
atas posting pengertian ahlul sunnah wal jama'ah.. sumpah ana masih keliru amah pengertian ahlul sunnah wal jama'ah....

Related Posts by Categories



:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o :a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Berita lain

 

Jama'ah RCS

Pendiri : As-Sayyid Abu Abdillah Bilfaqih

-Habib Ali Bin Agil
-Abdul Basyit
-Ibnul Mubarok
-Zamenk
-Chairulah
-Muhammad Zacky
-Ghodel
-Ivan.Barker
-Joko
-Abdul Syakur
-Hasan
-Soccer
-Luthfi
-Hasan RW
-Deny Alfian
-Bulloh
-Aab
-Ganda
-Enunk

O.G El-Kisa Group Menerima Panggilan Pentas Seperti Acara Resepsi Perkawinan,Sunatan.dll Hubungin Contact Di bawah Ini

Contact Person

Info Panggilan Pentas :

Jabotabek : 0818 0202 4536

Bandung : 0817 200 355

Jawa Timur : 081 8080 27 856

Contact Person (Sayyid Abu Abdillah BLF : 0818 818 215)

make a gif
Tersedia ukuran M,L,XL Untuk info pembelian Hub : Abdul Basyit 081808227010 02196304911 Tersedia ukuran M,L,XL Untuk info pembelian Hub : Abdul Basyit 081808227010 02196304911 Tersedia ukuran M,L,XL Untuk info pembelian Hub : Abdul Basyit 081808227010 02196304911

El-Kisa Group

El-Kisa Group
As-Sayyid Abu Abdillah
O.G El-Kisa Group Menerima Panggilan Pentas Seperti Acara Resepsi Perkawinan,Sunatan.dll Hubungin Contact Person Info Panggilan Pentas : Jabotabek : 0818 0202 4536 Bandung : 0817 200 355 Jawa Timur : 081 8080 27 856 Contact Person (Sayyid Abu Abdillah BLF : 0818 818 215)

Majelis Remaja Cinta Sholawat Copyright © 2009 Template is Designed by Chairulbreaks